8 Cara Smoothing Rambut Sendiri di Kost, Anti Ribet!

8 Cara Smoothing Rambut Sendiri di Kost, Anti Ribet!

[adinserter block="3"]

February 23, 2023

Memiliki rambut kusut dan tak mudah diatur memang bikin kesal. Tak heran jika banyak wanita memilih smoothing sebagai jalan pintas. Hasilnya yang instan dan berkilau membuat anak kos tergoda untuk memiliki rambut indah dan lurus. Namun, harga smoothing yang tidak murah menjadi kendala. Padahal, cara smoothing rambut sendiri juga gak ribet, jadi gak perlu repot-repot ke salon RoomMies.

Cara Smoothing Rambut Sendiri di Kost

Hasil smoothing rambut bertahan hingga 4 sampai 6 bulan. Meskipun tak permanen namun ketahanannya cukup lama. Gak hanya yang di salon, smoothing sendiri juga bisa menjadi maksimal dan tahan lama, kok. Ini dia langkahnya.

1. Keramas

Sumber: www.shopback.co.id

Membersihkan kulit kepala dari kotoran adalah langkah awal untuk smoothing rambut. Keramas seperti biasa, dan bilas dengan air dingin. Dilarang menggunakan conditioner, ya roommies.

2. Keringkan rambut

Sumber: Pexels

Langkah kedua yakni keringkan rambut menggunakan hair dryer atan handuk. Keringkan hingga setengan kering. Tujuannya supaya rambut tidak kusam, kusut dan rusak saat di smoothing.

3. Bagi rambut agar mudah

Sumber: bagi rambut

Supaya mudah, bagilan rambut menjadi beberapa bagian dengan sisir. Bisa dibagi menjadi 4 bagian untuk rambut panjang, dan dua bagian jika rambutnya pendek.

4. Aplikasikan krim smoothing pada rambut

Oleskan krim smoothing pada rambut dengan sisir cat atau sisir masker. Oleskan secara perlahan pada tiap helai rambut. Pembagian rambut pada tahap ketiga akan memudahkan proses pengolesan krim ini. Lakukan secara bergantian pada tiap-tiap bagian rambut. Hindari untuk  menempelkan krim ini di bagian kulit kepala, karena dapat membuat perih dan gatal. Oleskan krim pada jarak 1 cm dari akar rambut supaya aman.

5. Tunggu selama beberapa menit

Cara smoothing rambut sendiri selanjutnya adalah biarkan krim meresap dengan sepenuhnya. Tunggu sekitar  20 menit. Dengan begitu, krim dapat meresap lebih maksimal. Namun, kamu bisa menunggu waktu yang lebih lama jika rambutmu tebal dan panjang.

6. Bilas menggunakan air hangat

Langkah selanjutnya adalah bilas dengan air hangat. Air hangat sendiri tidak bisa digantikan dengan air dingin, ya. Jadi disarankan memasak air selama proses krim meresap. Sehingga akan lebih menghemat waktu.

Penggunaan air hangat dimaksudkan untuk membantu menghilangkan krim smoothing lebih maksimal dan cepat.

7. Keringkan rambut

Cara smoothing rambut sendiri  selanjutnya adalah dengan mengeringkannya. Jangan menguap rambut terlalu keras. Rapikan rambut ke arah bawah. Menggunakan hair dryer pun tak masalah.

8. Catok rambut

Sumber: Pexels

Langkah terakhir smoothing adalah dengan mencatok rambut. Supaya mudah, bagi rambut menjadi beberapa bagian, seperti saat mengoleskan krim smoothing. Selanjutnya, catok rambut dengan suhu 200 derajat atau kurang. Catok dari ujung hingga pangkal rambut, jangan sampai ada yang tertinggal.

Proses catok ini sendiri merupakan salah satu langkah terpenting. Selain meluruskan, mencatok rambut juga akan membuat efek smoothing tahan lebih lama.

Cara Merawat Rambut yang di Smoothing

Melakukan smoothing sendiri memang dapat membawa hasil rambut berkilau yang cepat nan indah. Namun, dampak smoothing rambut juga beragam, dari mulai kering, bercang, keriting, hingga kerusakan lainnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan perawatan setelah smoothing. Selain meminimalisir efek negatifnya, perawatan juga akan membuat smoothing lebih tahan lama.

1. Dilarang keramas selama 3 hari

Setelah smoothing, kamu dilarang untuk keramas selama 3 hari. Tujuannya, supaya obat smoothing tersebut bisa membentuk struktur rambut menjadi lebih lurus.

2. Jangan terlalu sering keramas

Salah satu perubahan mendasar adalah kramas. Disarankan hanya 3 kali dalam seminggu saja untuk membersihkan rambut. Gunanya, supaya obat smoothing tak mudah terkikis dan hilang akibat air dan sampo.

3. Gunakan sampo khusus

Gunakan sampo yang berguna untuk melindungi rambut secara maksimal. Dengan begitu, smoothing bisa tahan lebih lama.

4. Gunakan kondisioner

Salah satu efek smoothing adalah rambut menjadi lebih kering. Kondisioner dibutuhkan untuk membantu melembutkan rambut, gunakan bersamaan saat kamu kramas.

5. Disarankan untuk tidak mengikat rambut

Lebih baik gerai rambut dan jangan mengikatnya. Pasalnya, efek smoothing bisa rusak karena rambut yang diikat. Rambut yang diikat juga bisa membuatnya lebih mudah patah.

6. Kurangi penggunaan styling tool

Jika rambut masih terhidrasi dan lembut, kamu tak membutuhkan styling tool. Alat-alat seperti blow curly, catokan, maupun curling iron dapat berpengaruh pada bahan kimia yang ada di smoothing. Apalagi, suhunya yang panas juga dapat membuat rambut lebih mudah rusak, rapuh, serta patah.

7. Gunakan vitamin rambut

salah satu hair care yang diperlukan setelah smoothing adalah vitamin. nantinya, vitamin akan membantu rambut tampak lebih berkilau dan lurus. Dengan begitu, tampilan rambut akan lebih indah.

8. Gunakan sisir bergigi jarang

Sisir jenis ini akan membuat rambut menjadi lurus dan kerontokan dapat diminimalisir. Selain itu, sisir bergigi jarang juga tak akan memberikan gesekan yang kuat pada rambut.

health | lifestyle | tips & trick

Our Recommended Kost

Jl. A.R Hakim No.3, Tegalharjo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128

Start From :

2,100,000

/ Bulan

Jl. Ringin Raya 44-42, Ngringin, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Start From :

945,000

/ Bulan

Jl. Mampang Prapatan XV No.22B, RT.7/RW.5, Duren Tiga. Jakarta Selatan

Start From :

1,900,000

/ Bulan

Jl K no 2, RT. 6 / RW. 7 DKI Jakarta 12790

Start From :

3,500,000

/ Bulan

Komplek Apartment Mediterania Marina Residences, Jl.Lodan Raya No2

Start From :

2,200,000

/ Bulan

Jl. Kemajuan No.45, Petukangan Sel.

Start From :

1,500,000

/ Bulan

[adinserter block="2"]