5 Cara Hemat Listrik di Kost Agar Tagihan Tak Membludak
Living

5 Cara Hemat Listrik di Kost Agar Tagihan Tak Membludak

Intan Dwiyanti Intan Dwiyanti

Tidak semua biaya kost bulanan yang ditetapkan pemilik sudah termasuk biaya listrik. Alhasil, kamu perlu lebih berhemat supaya tagihan tidak membludak. Disamping itu, penggunaan listrik memang sebaiknya diminimalkan supaya lebih ramah lingkungan. Tenang saja, ada beberapa cara hemat listrik yang bisa kamu terapkan, dengan begitu tagihan akan lebih terkendali.

Cara Hemat Listrik di Kost

Tidak bisa dipungkiri, penggunaan listrik di kost memang terkadang tak bisa dihindari, namun bukan berarti tidak bisa diminimalisir. Berikut beberapa cara menghemat listrik yang bisa kamu praktekkan di kost.

1. Matikan lampu

Penggunaan lampu sebenarnya tidak dibutuhkan. pagi, ada sinar matahari, malam kamu bisa mematikan lampu supaya tidur lebih nyenyak. Dengan begitu penggunaan listrk pun jauh lebih hemat. Sayangnya, tak sedikit anak kost yang sering lupa untuk mematikan lampu di siang hari. padahal, lampu tersebut tidak berguna dan tak terpakai.
Kamu juga bisa mengganti lampu dengan lampu LED (Light Emitting Diode) karena lebih rendah listrik.

2. Pakai AC sesuai dengan kebutuhan

Kost di kota dengan cuaca terik seperti kost Jakarta dan kost Jogja memang bikin gerah sehingga memilih kost AC adalah solusinya. Namun, perhatikan penggunaannya RoomMies, pasalnya AC memakan daya listrik yang tak sedikit. Jika memang tidak dibutuhkan, lebih baik dimatikan.

Gak ada salahnya sesekali membuka jendela untuk merasakan sejuk dari angin yang berhembus. Jangan lupa matikan AC jika kamu pergi, ya!

BACA JUGA: Ampuh! Ini 6 Cara Mengusir Kelabang dari Kamar Kost

3. Pilih peralatan elektronik yang dibutuhkan

Tagihan listrik yang mahal disebabkan alat elektronik yang kamu gunakan, bijaklah dalam memilihnya. Jika kamu tinggal di kost sendiri, tak perlu membeli mesin cuci, kamu bisa loundry saja atau cuci sendiri supaya lebih hemat.

Selain itu, TV juga gak butuh-butuh amat. Kamu bisa menyaksikan berbagai acara hiburan lewat ponsel pintar atau gadget lainnya. penggunaan alat elektronik ini bisa kamu hilangkan karena fungsinya yang tak terlalu dibutuhkan.

4. Cabut kabel peralatan elektronik

Kebiasaan yang satu ini sering kali dilupakan oleh banyak orang. biasakan untuk cabut kabel peralatan elektronik dari saklar, RoomMies. selain lebih hemat listrik, cara ini juga bisa mencegah kebakaran di kost.

Kabel elektronik harus dicabut karena listrik tetap mengalir meski sedang tidak digunakan. Cabut semua kabel dari mulai charger smartphone, laptop, penanak nasi, hingga kabel tv.

5. Gunakan dispenser dengan bijak

Ternyata penggunaan listrik pada dispenser lebih besar dari kulkas dan AC, lho. Jika tidak dibutuhkan, jangan gunakan pendingin dan pemanas pada dispenser, cabut saja kabelnya dari saklar. Supaya lebih hemat, kamu bisa panaskan air pada kompor, dan masukan air di kulkas jika ada. Jadi penggunaan listriknya akan lebih hemat dan bijak. 

BACA JUGA: 4 Manfaat Soda Api untuk Masalah Kebersihan Kamar Kost

Organizing Kamar Kost

1.