8 Tips Memilih Sepatu High Heels yang Nyaman untuk Anak Kost
Lifestyle

8 Tips Memilih Sepatu High Heels yang Nyaman untuk Anak Kost

Meiranie Nurtaeni Meiranie Nurtaeni

Memilih sepatu high heels yang nyaman dan minim dampaknya bagi kesehatan memang tidak mudah. Berikut bocoran rahasia membeli sepatu high heels yang nyaman!

Hampir setiap wanita punya impian memakai high heels. Ada perasaan bisa tampil lebih menarik, kakinya jenjang, dan tampak lebih anggun ketika  mengenakan alas kaki model ini. Namun, memakai high heels seringkali menimbulkan masalah kesehatan, seperti kaki pegal dan sakit.

8 Tips Memilih Sepatu High Heels yang Nyaman

Supaya aktivitas tetap lancar meski memakai sepatu hak tinggi, berikut tips memilih high heels yang nyaman.

1. Ukuran yang sesuai

Pertama kali yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu hak tinggi adalah pastikan sepatu yang digunakan ukurannya pas dengan kaki kamu. Jangan sampai kekecilan karena kaki bisa sakit saat mengenakannya, tapi ukuran yang kebesaran juga akan membuat kamu tidak nyaman. Hindari membeli hanya karena desainnya menarik. Serta, perhatikan lebar sepatu karena sering yang dilihat adalah panjang sepatu. Hal tersebut dapat kaki sering mengalami lecet.

2. Materi kulit sepatu

Bagian ujung sepatu dekat tumit merupakan tempat bersandarnya tendon Achilles. Bagian ini rawan membuat kaki mengalami kelecetan, terutama disebabkan material sepatu yang tidak bersahabat dengan kulit. Ketika berjalan, material sepatu yang keras terus-menerus bergesek dengan kulit kaki. Akibatnya, kulit kaki menipis dan lama-lama menjadi luka (lecet). Karena itu, hindari material kulit sintetis pada sepatu dan pilih material kulit asli atau suede.

3. Pilih heels yang pas

Jika tidak pernah menggunakan sepatu high heels sebelumnya, jangan langsung membeli sepatu hal tinggi berujung runcing dan terlalu tinggi. Memang, sepatu jenis tersebut terlihat cantik modelnya. Tapi, akan membuat kaki kamu sakit. Hak yang terlalu tinggi akan memberikan tekanan yang kuat pada lingkar kaki. Karena, pilih hak yang tidak terlalu runcing dan tingginya maksimal 5 - 10 cm. Bisa juga memilih sepatu yang memiliki alas (platform) hingga ke bagian depan jari, sehingga pijakan tumit (heels) tidak terlalu tinggi.

4. Pilih yang memiliki bantalan

Cek apakah sepatu high heels yang hendak dibeli memiliki bantalan pada telapak kaki atau tidak. Hal ini penting dimiliki sepatu supaya sepatu nyaman dipakai seharian. Jika terlanjur membeli sepatu yang tidak punya bantalan pada pijakannya, kamu bisa menambahkan dengan membeli bantalan yang berbahan silikon nan empuk.

5. Beli sore atau malam

Ketika membeli sepatu baru, sebaiknya lakukan saat sore dan malam hari. Pasalnya, ukuran kaki akan membesar pada malam atau sore daripada pagi hari.

Cegah Sakit

Meski merasa sudah membeli sepatu yang ternyaman, kamu tetap perlu berjaga-jaga bila sewaktu-waktu kaki tetap terasa sakit. Biar bagaimana pun, mau mahal atau murah, sepatu high heels tetap berisiko membuat kaki sakit karena modelnya yang membuat kaki bekerja ekstra keras menopang tungkai kaki. Sebelum sakit, hindari dengan cara-cara berikut:

1. Perlengkapan darurat

Selalu sediakan perban berperekat dan obat penyembuh luka dalam tas kamu. Begitu kaki terasa sakit, meski sedikit, langsung gunakan alat-alat tadi untuk mengobatinya. Jangan tunggu sampai luka membesar. Luka pada kaki, terutama lecet sulit sembuh dalam waktu singkat.

2. Bedak bayi

Taburkan bedak bayi tabur pada kaki dan bagian dalam sepatu. Cara ini mencegah keringat berlebih pada kaki, sehingga meminimalisir gesekan yang menyebabkan luka (lecet) dan kemungkinan terpeleset hingga kamu cedera.

3. Rekatkan jari kaki

Cara ini bisa dicoba untuk mengurangi ketegangan pada kaki. Rekatkan jari kaki nomor tiga dan empat pada tiap kaki dengan perban berperekat. Dengan ketegangan yang berkurang, menurunkan juga sakit yang dirasakan.

Fashion