14 Fakta Seru Anime Gintama, Panduan Nonton di Kost
Lifestyle

14 Fakta Seru Anime Gintama, Panduan Nonton di Kost

Meiranie Nurtaeni Meiranie Nurtaeni

Salah satu anime populer pada era milenium kedua, Gintama, telah berusia 15 tahun tanggal 4 April 2021 lalu. Meskipun tayang pertama kali lebih dari satu dekade lalu, popularitas Gintama tidak pernah turun dan tetap memperoleh fans baru. Untuk memperingati usianya yang ke-15, berikut 14 fakta seru Gintama yang perlu kamu ketahui. Pas untuk teman nonton animenya di kost!

Tentang Gintama

Anime Gintama diadaptasi dari manga berjudul sama yang diciptakan oleh Hideaki Sorachi. Manga Gintama pertama kali muncul di majalah Weekly Shōnen Jump (yang diterbitkan oleh penerbit Shueisha) pada tanggal 8 Desember 2003 hingga September 2018. Selanjutnya, manga Gintama dirilis pada majalah Jump GIGA dari Desember 2018 hingga Februari 2019, kemudian tamat pada aplikasi khusus Gintama yang dirilis bulan Mei hingga Juni 2019.

Manga tersebut kemudian dikumpulkan menjadi komik (tankobon) dan dirilis oleh Shueisha pertama kali pada tanggal 2 April 2004. Komik Gintama berakhir pada volume (nomor) ke-77 yang terbit pada tanggal 2 Agustus 2019. Hingga saat ini, terutama di Jepang, manga Gintama telah terjual lebih dari 55 juta kopi, sehingga menjadi salah satu serial manga dengan penjualan terbaik.

Popularitas Gintama membuatnya diadaptasi jadi anime. Awalnya, dibuat dalam bentuk animasi video original (OVA) oleh rumah produksi Sunrise pada tahun 2006. Pada tahun yang sama, anime Gintama mulai disiarkan di TV Tokyo di tanggal 4 April.

Karena banyaknya chapter (bab) pada manga Gintama yang dibuat anime, penayangannya berlangsung hingga bulan Oktober 2018. Kemudian, sempat berhenti tayang sebelum dilanjutkan dalam bentuk film dan dua episode serial terakhir pada tahun 2021 ini.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Film Live Action Anime Terbaik untuk Ditonton di Kost

Plot Gintama

Sumber: Reddit

Cerita Gintama berlatar belakang tempat fiksi bernama Edo (berlatar budaya Jepang). Sekitar 20 tahun sebelumnya, alien (disebut “Amanto” oleh penduduk Edo) menyerbu Edo dan berhasil menaklukkannya.

Dampaknya, Edo menjadi kota yang memadukan tradisional Jepang dan kemajuan teknologi modern. Amanto pun hidup di Edo dan pemegang kekuasaannya melarang penduduk Edo memiliki, membawa, dan menggunakan katana (pedang samurai).

Tokoh utama Gintama adalah Sakata Gintoki, seorang samurai dan veteran perang melawan Amanto (perang Joui) satu dekade sebelumnya. Setelah kalah dari perang, Gintoki bekerja sebagai pekerja lepas untuk menghidupi kebutuhannya sehari-hari. Dia memberi nama pekerjaannya, Yorozuya Gin-chan, dan menjalaninya bersama dua remaja, Shinpachi Shimura dan Kagura.

Ketiganya pun menemui berbagai hal menarik, unik, dan penuh tantangan ketika menjalani pekerjaan tersebut. Selama menyaksikan petualangan mereka, penonton perlahan akan mengetahui masa lalu Gintoki yang luar biasa. Penonton juga akan berkenalan dengan berbagai karakter yang unik dan spektakuler, yang membuat anime Gintama jadi istimewa.

BACA JUGA: 7 Anime yang Diparodikan Anime Gintama, Enggak Berhenti Ngakak!

Fakta Seru Gintama sebagai Panduan Nonton di Kost

Satu hal yang membuat Gintama populer adalah jalan ceritanya yang penuh komedi. Hideaki Sorachi, sang pengarang, mendefinisikan Gintama masuk dalam genre “fiksi ilmiah drama pseudo-sejarah komedi”.

Setiap episode pasti mampu membuat kamu tertawa. Ditambah lagi, Gintama sering memparodikan budaya pop yang populer saat ini. Dari anime-anime populer lain, acara TV, produk-produk komersial, iklan, bahkan selebritas Jepang dan Hollywood, film-film Hollywood, tokoh-tokoh sejarah Jepang, sampai para politisi, tidak ada yang luput dari diparodikan Gintama (dalam anime maupun manga-nya).

Berikut ini beberapa fakta anime Gintama untuk anak kost ketahui.

1. Setiap season memiliki nama tersendiri

Umumnya, periode penayangan serial anime dibagi atau disebut sebagai “season” (musim). Mulanya, setiap masa penayangan Gintama masih disebut “musim”. Memasuki musim tayang ke-5, anime Gintama mengganti istilah tersebut dengan nama yang dibuat sendiri, termasuk ada yang hanya diberikan simbol atau tanda baca (titik, derajat). Musim penayangan Gintama selama 13 tahun terdiri dari:

  • Gintama (season 1)    
    Episode: 1 - 37
    Tayang pada: 4 April 2006 - 29 Maret 2007
  • Gintama (season 2)    
    Episode: 38 - 87
    Tayang pada: 5 April 2007 - 27 Maret 2008
  • Gintama (season 3)    
    Episode: 88 - 138
    Tayang pada: 3 April 2008 - 26 Maret 2009
  • Gintama (season 4)    
    Episode: 139 - 201
    Tayang pada: 2 April 2009 - 25 Maret 2010
  • Gintama'
    Episode: 202 - 252
    Tayang pada: 4 April 4 2011 - 26 Maret 2012
  • Gintama': Enchōsen
    Episode: 253 - 265
    Tayang pada: 4 Oktober 2012 - 28 Maret 2013
  • Gintama°
    Episode: 266 - 316
    Tayang pada: 8 April 2015 - 10 Maret 2016
  • Gintama.    
    Episode: 317 - 328
    Tayang pada: 8 Januari - 26 Maret 2017
  • Gintama. Porori-hen    
    Episode: 329 - 342
    Tayang pada: 1 Oktober - 24 Desember 24 2017
  • Gintama. Shirogane no Tamashii-hen (1)
    Episode: 343 - 353    
    Tayang: 7 Januari - 26 Maret 2018
  • Gintama. Shirogane no Tamashii-hen (2)
    Episode: 354 - 365
    Tayang: 9 Juli - 7 Oktober 2018

2. Penayangan serial anime dilanjutkan dalam bentuk film

Penayangan anime Gintama sempat berhenti pada tahun 2018. Pada saat itu, episode 365 dalam Gintama. Shirogane no Tamashii-hen (2) disebut sebagai episode terakhir. Namun, saat penayangan, episode tersebut tidak terselesaikan (menggantung). Penyebabnya, saat itu, manga Gintama belum selesai dibuat oleh Hideaki Sorachi.

Manga Gintama tamat pada bulan Juni 2019. Kemudian, di bulan Agustus 2019, pihak Studio Bandai Namco yang memproduksi Gintama mengumumkan akan melanjutkan animenya sesuai sisa babnya hingga tamat. Namun, kelanjutan cerita Gintama akan ditayangkan dalam bentuk film. Film tersebut dirilis tanggal 8 Januari 2012 dan berjudul “Gintama: The Final”.

Menariknya, meski penayangan film “Gintama: The Final” bersamaan dengan dinyatakannya Status Darurat Covid-19 (State of Emergency) di Tokyo, tetap berhasil menjadi film nomor satu di Jepang pada minggu pertama penayangannya. 

3. Ada beberapa chapters terakhir yang jadi serial TV juga

Ketika membuat filmnya, ternyata masih ada sisa bab manga Gintama yang tidak bisa masuk ke alur filmnya karena keterbatasan waktu tayang. Akhirnya, sisa bab yang sudah dibuat anime tadi ditayangkan menjadi serial TV lagi dengan judul “Gintama: The Semi-Final”.

Serial anime televisi “Gintama: The Semi-Final” terdiri dari dua episode dan tayang pertama kali pada tanggal 15 Januari 2021. Sesuai judulnya, “Gintama: The Semi-Final” berkisah tentang situasi beberapa saat sebelum cerita dalam film “Gintama: The Final” berlangsung.

4. Awalnya bukan tentang Yorozuya Gin-chan

Pencipta manga (mangaka) Gintama, Hideaki Sorachi, mulanya ingin membuat manga dengan berdasarkan kisah Shinsengumi yang jadi favoritnya. Shinsengumi adalah pasukan polisi khusus yang dibentuk pada era shogun terakhir (tahun 1860-an) untuk melindungi pemerintahan Shogun saat itu. Namun, Sorachi tidak bisa menemukan plot yang pas untuk ceritanya tersebut.

Meski demikian, kesukaannya pada sejarah Jepang, terutama pada masa Sengoku dan Bakumatsu (abad ke-15 sampai ke-19), membuat Sorachi tetap fokus pada topik tersebut. Sorachi pun membuat cerita samurai dan bushido-nya, ninja, shogun, dengan menambahkan elemen fiksi ilmiah yang juga favoritnya.

BACA JUGA: 5 Genre Manga Basic yang Perlu Diketahui, Panduan untuk Baca Manga di Kost!

5. Karakter Shinsengumi terinspirasi tokoh nyata

Sumber: Gintama-Wiki. Fandom

Selain latar belakang waktu dan tempat, karakter-karakter dalam Gintama terinspirasi juga dari tokoh-tokoh sejarah Jepang yang hidup pada era Bakumatsu tersebut. Termasuk karakter Shinsengumi dalam cerita Gintama, yang namanya mirip dengan beberapa tokoh Shinsengumi asli. Antara lain:

  • Kondo Isao
    Inspirasi: Kondo Isami, komandan Shinsengumi (dalam anime dan tokoh aslinya).
  • Hijikata Toshiro
    Inspirasi: Hijikata Toshizo, salah satu pendiri Shinsengumi bersama Kondo Isami. Hijikata juga wakil komandan Shinsengumi  (dalam anime dan tokoh aslinya) dan pencipta peraturan untuk anggota Shinsengumi (disebut “Kyokuchu Hatto”). Dalam film atau serial TV, tokoh Hijikata selalu digambarkan sebagai pria tampan karena aslinya memang rupawan.
  • Okita Sougo
    Inspirasi dari Okita Soji, kapten unit pertama Shinsengumi. Soji adalah seorang remaja dengan kemampuan menggunakan pedang yang sangat baik.
  • Yamazaki Sagaru
    Inspirasi dari Yamazaki Susumu, anggota Shinsengumi yang punya peran sebagai mata-mata.
  • Matsudaira Katakuriko
    Inspirasi dari Matsudaira Katamori, pemimpin militer yang membawahi beberapa unit militer, termasuk Shinsengumi.
  • Sasaki Tetsunosuke
    Inspirasi dari Sasaki Kuranosuke, anak buah Hijikata Toshizo, yang terlibat dalam Insiden Ikedaya (peristiwa bersejarah bagi Shinsengumi).

6. Karakter samurai Joui juga dari tokoh bersejarah

Tidak hanya Shinsengumi, beberapa karakter utama Gintama juga terinspirasi dari tokoh-tokoh bersejarah pada era Bakumatsu. Termasuk, karakter samurai-samurai yang disebut Jouishishi (Joui 4), yang tiga di antaranya mengambil inspirasi tokoh sejarah Jepang dari era Bakumatsu, yaitu:

  • Takasugi Shinsuke
    Inspirasi dari Takasugi Shinsaku, seorang samurai yang membentuk dan memimpin kelompok Kiheitai dengan tujuan melawan pemerintahan Jepang saat itu (Bakufu). Tindakannya ini berdampak terjadinya Restorasi Meiji.
  • Sakamoto Tatsuma
    Inspirasi dari Sakamoto Ryoma, seorang samurai yang memimpin gerakan menggulingkan kekuasaan Keshogunan Tokugawa pada era Bakumatsu. Sakamoto berasal dari Tosa dan menyukai teknologi dan modernnya dunia barat, salah satunya suka menggunakan pistol dibanding katana. Sakamoto adalah pendiri Kaientai, perusahaan ekspor-impor modern pertama di Jepang sekaligus organisasi politik.
  • Katsura Kotaro
    Terinspirasi dari Katsura Kogoro, yang bernama asli Kido Takayoshi dan mengubah namanya setelah diadopsi keluarga bagsawan, Katsura. Dia dikenal sebagai samurai yang suka menghindari pertempuran dan lebih memilih berunding. Karena itu, dia dikenal sebagai “Katsura yang suka melarikan diri”. Katsura Kogoro adalah salah satu tokoh yang berperan menjalankan Restorasi Meiji.

7. Karakter Gintoki dari tokoh mitologi Jepang

Sumber: Gintama-Wiki. Fandom

Tokoh utama anime Gintama, Sakata Gintoki, termasuk dalam kelompok samurai Jouishishi (Joui 4) yang disebutkan pada poin sebelumnya. Namun, namanya tidak terinspirasi dari tokoh sejarah atau samurai Jepang, melainkan karakter cerita rakyat tradisional Jepang bernama Sakata Kintoki (dikenal juga sebagai Kintaro).

Cerita rakyat yang berlatar belakang Periode Heian (794 - 1185) tersebut menceritakan seorang anak berkekuatan super dan besar di wilayah Gunung Ashigara bernama Kintaro. Pada suatu ketika, Kintaro menjadi seorang samurai.

Dia lalu bergabung dengan samurai Minamoto no Yorimitsu dan menggunakan nama Sakata no Kintoki. Namun, Kintaro dan Gintoki dalam Gintama tidak memiliki kaitan latar belakang sama sekali. Tidak seperti Takasugi Shinsuke, Sakamoto Tatsuma, Katsura Kotaro

8. Kagura, karakter utama wanita pertama yang berani muntah di anime

Kagura, salah satu dari geng Yorozuya Gin-chan, Kagura lahir dari keinginan Sorachi membuat karakter utama wanita yang tidak terlalu feminim dan sifat yang berlawanan dengan karakter utama wanita umumnya. Karena itu, Kagura digambarkan sebagai perempuan remaja yang agak tomboy dan bicaranya blak-blakan.

Malah, melansir dari Quick Japan via Wikipedia, Kagura adalah karakter manga wanita utama yang berani memperlihatkan adegan muntah. Karakter Kagura terinspirasi Putri Kagura yang ada dalam dongeng “The Tale of Bamboo Cutter”. Nama Kagura berasal dari sebuah tempat di pulau Hokkaido.

BACA JUGA: Biar Anak Kost Makin Tahu, Kenali 36 Istilah dalam Anime

9. Karakter Shimura Shinpachi tadinya untuk Shinsengumi

Sumber: Pop Culture Times

Mulanya, Sorachi mau menempatkan Shimura Shinpachi sebagai bagian dari grup Shinsengumi (sebagai Kapten Unit Kedua). Namanya juga bukan Shimura, melainkan Nagakura Shinpachi. Akhirnya Sorachi berubah pikiran dan menempatkan Shinpachi dalam grup Yorozuya.

Nama Shinpachi mengandung kata “hachi” yang berarti angka delapan (8). Angka ini sesuai dengan bentuk kacamata Shinpachi dan makna simbol angka yang berarti tidak terbatas karena Shinpachi harus berganti-ganti kacamata selama anime Gintama tayang. Uniknya, dalam polling popularitas karakter Gintama, Shinpachi selalu menempati urutan ke-8.

10. Bokuto berasal dari pohon alien

Karakter Gintoki digambar selalu membawa-bawa pedang ke mana pun ia pergi karena merupakan seorang samurai. Namun, karena larangan menggunakan pedang metal, Gintoki memakai pedang kayu yang disebut bokuto.

Pada pegangan bokuto tertulis “Lake Toya”, tapi belum pernah dijelaskan pasti kenapa namanya “Lake Toya.” Meski terbuat dari kayu, bokuto sangat kuat sekali. Diceritakan bokuter tersebut dibuat dari pohon berusia 10.000 tahun dan berasal dari planet lain di alam semesta, sehingga kayunya sangat kuat.

11. Usia Sakata Gintoki sempat dirahasiakan

Sejak awal rilis,, mangaka Sorachi selalu merahasiakan usia karakter-karakter Gintama, terutama karakter utama Sakata Gintoki. Dia hanya pernah mengungkapkan bahwa usia Gintoki adalah di akhir 20-an. Baru pada tahun 2021 ini, Sorachi dengan tegas menyatakan bahwa Gintoki berusia 27 tahun.

Alasan Sorachi merahasiakan umur Gintoki adalah atas perintah editor Weekly Shonen Jump. Dia juga takut kalau pembaca tidak menyukai cerita Gintama karena Gintoki dianggap tua. Pasalnya, manga dan anime Gintama bergenre shounen, yaitu ditujukan untuk remaja pria usia 12-18 tahun.

12. Ada unsur fiksi ilmiah

Hideaki Sorachi memasukkan elemen fiksi ilmiah pada cerita Gintama bukan hanya cocok pada ceritanya, melainkan karena dia sendiri menyukai cerita-cerita fiksi ilmiah. Secara umum, cerita tentang alien yang menginvasi bumi pada plot Gintama adalah bukti hal tersebut. 

Selain itu, pada beberapa chapter Gintama, ceritanya terinspirasi atau memparodikan film-film fiksi ilmiah. Contohnya, pada episode Renho Arc (232 - 236) dan Beam Sword Style (262 - 264) yang mirip dengan film “Star Wars”.

13. Anime yang memparodikan anime

Parodi sudah jadi bagian cerita Gintama. Hampir di setiap episodenya terselip parodi anime lain. Ada juga episode yang dengan jelas memparodikan anime lain. Berikut beberapa anime yang diparodikan oleh Gintama.

  • Death Note (episode 25)
  • Doraemon (episode 45, 272)
  • Dragon Ball (episode 119, 363)
  • Dragon Ball Z (episode 166, 171, 202, 279, 253)
  • Attack on Titan (episode 329)
  • Bakuman (episode 243)
  • Bleach (episode 1-2, 50, 62, 86, 89, 122, 202, 288)
  • Captain Tsubasa (episode 106)
  • Code Geass (episode 203)
  • Detective Conan (episode 30)
  • Fist of the North Star (episode 273)
  • Fullmetal Alchemist (episode 70, 98)
  • JoJo's Bizarre Adventure (episode 131-134)
  • Mobile Suit Gundam (episode 171, 203, 232-236)
  • Naruto (episode 10,13, 25, 43, 44, 51, 209, 270, 292)
  • Neon Genesis Evangelion (episode 43, 122, 134, 150, 151, 158)
  • One Piece (episode 141)
  • Saint Seiya (episode 282)

14. Hideaki Sorachi jadi mangaka terfavorit

Dalam sebuah polling yang diadakan oleh Charapedia, situs database manga dan anime, pada tahun 2017, mangaka Gintama, Hideaki Sorachi terpilih menjadi mangaka terfavorit. Dirinya mampu mengalahkan mangaka One Piece, Eiichiro Oda, dan mangaka Dragon Ball, Akira Toriyama. Terpilihnya Sorachi dikarenakan gaya bercerita dan ilustrasinya yang unik, berkualitas, dan jarang ditemukan pada manga-manga lain. 

Itulah fakta-fakta seru Gintama yang perlu anak kost ketahui. Semoga bisa jadi panduan ketika menyaksikan anime Gintama yang sangat menghibur di kost.

BACA JUGA: 5 Studio Anime Terbaik yang Garap Anime Sukses

Movie