4 Cara Melakukan Lucid Dream, Cara Asyik Kendalikan Mimpi
Intermezzo

4 Cara Melakukan Lucid Dream, Cara Asyik Kendalikan Mimpi

Intan Dwiyanti Intan Dwiyanti

Apakah RoomMies pernah menonton film “Inception” karya Christopher Nolan? Bukan filmnya yang akan dibahas, melainkan lucid dream yang menjadi tema utama film tersebut. gimana sih cara melakukan lucid dream agar dapat mengendalikan mimpi dan bisa membangun dunia yang kita mau di dalamnya? Apakah hal ini mustahil? Ternyata tidak! Bukan hanya dalam film, kamu juga bisa menjajal lucid dream untuk mengendalikan mimpimu.

Kapan Lucid Dream Dapat Terjadi?

Sumber: theyogurtchronicles.blogspot.com

Saat kamu tidur, otak akan berputaran melalui rapid eye movement (REM) sleep dan non-REM sleep.

Non –REM sleep melalui tiga tahapan yakni, gelombang otak detak jantung serta gerakan mata yang secara bertahap akan melambat. Namun, pada REM sleep otak, detak jantung, dan gerakan mata justru meningkat. Oleh sebab itu, lucid dream terjadi selama REM sleep ini berlangsung.

Selama lucid dream berlangsung, kamu tahu jika sedang bermimpi dan memiliki kesadaran akan mimpi tersebut. dikutip dari Healthline setidaknya 55 persen orang telah mengalami lucid dream, setidaknya untuk satu kali. Sedangkan, 23 persen orang mengalami lucid dream setidaknya sebulan sekali.

Cara Melakukan Lucid Dream

Kamu bisa mengendalikan emosi dan pikiran lewat lucid dream. Tak jarang, kamu juga dapat mengubah lingkungan, orang yang ada di mimpimu, hingga alur cerita mimpi tersebut. dengan begitu, mimpi buruk dapat dicegah.

1. REM Sleep

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lucid dream hanya akan terjadi saat kamu mengalami REM Sleep. Lebih banyak mengalami REM Sleep akan lebih banyak membuka peluang untuk mengalami lucid dream.

  • Tidur cukup dan berkualitas dapat meningkatkan kemungkinan mengalami REM Sleep. Cara untuk mendapatkan tidur yang baik yakni:
  • Atur jadwal tidur
  • Olahraga secara rutin
  • Jangan bermain alat elektronik sebelum tidur
  • Ciptakan Suasana yang nyaman di kamar kost
  • Hindari mengkonsumsi alkohol dan kafein sebelum tidur.

2. Buat jurnal mimpi

Cara melakukan lucid dream selanjutnya adalah dengan menggunakan jurnal mimpi. Tulis impian yang ingin kamu wujudkan, dengan begitu kamu akan mengingatnya. Otak juga akan lebih terbantu untuk tetap sadar ketika kamu bermimpi.

Saat membuat jurnal mimpi, letakan pulpen dan buku di samping tempat tidur. tulis impian yang ingin diwujudkan setelah kamu terbangun. Baca terus jurnal tersebut untuk membuat otak memimpikan impian ini.

BACA JUGA:

3. Praktikkan reality testing

Pada film “Inception”, para karakter dapat membedakan dunia mimpi dan realita dengan benda yang mereka bawa, yakni gasing. Benda tersebut berfungsi sebagai pengingat. Reality testing (percobaan realitas) sendiri merupakan cara melakukan lucid dream yang paling populer. Ada beberapa cara untuk melakukan  percobaan realitas, berikut diantaranya:

  • Ceriman, jika kamu bermimpi refleksimu tidak akan tampak normal.
  • Cubit hidung. Jika berada dalam mimpi kamu akan tetap bisa bernafas meski hidungmu di pencet.
  • Bacaan, cobalah mengalihkan pandangan dari teks bacaan, kemudian lihat kembali. jika berada dalam mimpi, teks tersebut akan berubah.
  • Pilih salah satu percobaan realitas dan praktekan selama beberapa kali sehari. Jangan ragu untuk bereksperimen dalam percobaan realitas ini. dengan begitu, kamu akan menemukan cara melakukan lucid dream termudah dan paling tepat untuk membedakan dunia nyata dan mimpi.

4. Bangun lalu kembali tidur

Cara melakukan lucid dream yang satu ini dapat dilatih sesering mungkin. Metodenya meliputi:

  • Bangun ketika setelah tidur selama lima jam, kemudian tidurlah kembali. cara ini dapat membantumu masuk REM sleep untuk tetap menjaga kesadaran.
  • Katakana pada diri sendiri, jika kamu akan mengalami lucid dream hari ini. lakukan sebelum tidur, atau saat terbangun setelah tidur selama lima jam. Saat kamu memasuki REM sleep, terus jaga kesaraan mu.
  • Jangan lupa gunakan teknik percobaan realitas dan jurnal mimpi. Dengan begitu, peluang untuk mengalami lucid dream akan meningkat.

BACA JUGA: Kenali 10 Jenis Bahan Sprei yang Populer di Pasaran

Trivia