6 Obat Generik yang Wajib Anak Kost Sediakan
Health & Sex

6 Obat Generik yang Wajib Anak Kost Sediakan

Galih Nugroho Galih Nugroho

Menjadi anak kost memang tidak mudah, selain harus hidup mandiri, mereka juga harus pandai menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat. Meski sudah menjaga kesehatan dengan baik, terkadang sakit masih saja menimpa anak kost. Bila sudah begini, obat generik lebih sering dipilih untuk meringankan penyakitnya.

Karena alasan itu, anak kost wajib banget memiliki obat tersebut supaya sewaktu-waktu terserang penyakit bisa langsung diobati. Perlu diketahui, tidak semua penyakit efektif disembuhkan obat generik, akan tetapi setidaknya obat tersebut bisa menjadi pertolongan pertama anak kost.

Obat Generik yang Wajib Disediakan Anak Kost

Nah, jika kamu sedang menjadi anak kost, berikut obat generik yang wajib disediakan di kosan.

1. Paracetamol dan ibuprofen

Paracetamol dan ibuprofen jadi obat pertama yang wajib disediakan di kosan. Kedua obat ini efektif untuk meringankan beberapa penyakit yang tergolong ringan, seperti sakit kepala, nyeri, dan juga demam. Untuk mendapatkan paracetamol dan ibuprofen juga mudah, karena kedua obat ini sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek dagang yang berbeda.

2. Obat flu

Meskipun paracetamol dan ibuprofen juga dapat meringankan gejala flu, tak ada salahnya untuk menyediakan obat flu di kosanmu. Pasalnya, ada beberapa kondisi flu yang tidak dapat sembuh walau sudah mengonsumsi kedua obat tersebut.

Maka dari itu, kamu tetap harus menyediakan obat flu di kosan, seperti dekongestan dan ekspektoran, sebagai alternatif lain ketika kondisi tersebut tidak kunjung sembuh.

3. Obat diare

Obat generik lain yang harus ada di kosan adalah obat diare. Obat ini wajib disediakan mengingat pola makanan anak kost yang terbilang jorok dan asal-asalan, sehingga rentan untuk terkena kondisi tersebut.

4. Obat alergi

Buat kamu yang memiliki alergi terhadap sesuatu, entah itu debu, makanan, maupun serbuk bunga, wajib hukumnya untuk menyimpan obat alergi di kosan. Obat ini harus ada untuk meringankan gejala alergi yang bisa saja menimpa kamu. Antihistamin dan kortikosteroid merupakan dua obat alergi yang bisa kamu sediakan di kosan.

5. Obat maag

Jika kamu mengidap penyakit maag, maka kamu perlu menyiapkan obat maag di kosan. Tak sulit untuk mendapatkan obat tersebut, karena obat maag sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai merek yang berbeda-beda.

Sementara bila kamu memiliki maag akut atau kronis, alangkah baiknya jika kamu mengonsumsi obat maag yang diresepkan oleh dokter saja.

6. Kotak P3K

Selain obat-obatan di atas, kamu juga harus menyiapkan kotak P3K di kosan. Kotak P3K ini perlu ada, karena luka bisa datang kapan saja tanpa kamu tahu. Oleh sebab itu, lebih baik menyediakannya agar jika dibutuhkan sewaktu-waktu kamu tinggal menggunakannya saja. Isi dari kotak P3K sendiri meliputi obat merah, plester, kain kasa, dan cairan alkohol.

Itulah enam obat generik yang wajib kamu sediakan di kosan. Dengan adanya obat-obatan tersebut, diharapkan kamu bisa terbantu ketika sedang terserang sakit di kosan. 


BACA JUGA:









pencegahan

1.