8 Cara Mudah Mengatasi Mata Bengkak Habis Menangis
Health & Sex

8 Cara Mudah Mengatasi Mata Bengkak Habis Menangis

Meiranie Nurtaeni Meiranie Nurtaeni

Menangis itu wajar terjadi merasa sedih atau tersentuh pada suatu hal. Masalahnya, setelah menangis, mata jadi bengkak. Kondisi ini tentu kurang menyenangkan karena akan memengaruhi penampilan. Untuk cepat menghilangkannya, berikut beberapa cara mengatasi mata bengkak yang bahan-bahannya mudah diperoleh di kost.

Jenis Air Mata

Mata manusia, melansir dari Discovery.com, memproduksi tiga jenis air mata. Pertama adalah air mata basal yang berfungsi membasahi mata dan melindungi kornea mata dari kotoran dan debu. Hampir setiap saat mata menghasilkan air mata basal, tapi jumlahnya tidak sampai mengalir ke luar mata.

Ketika iritan (asap, debu, atau gas dari potongan bawang) yang berpotensi masuk dan membahayakan mata, otomatis akan keluar air mata refleks untuk melindungi mata. Air mata refleks mengandung zat imun yang berguna menghilangkan bakteri. Jumlah air mata refleks yang terproduksi cukup banyak sekali keluar untuk membasuh iritan tadi.

Sedangkan, yang ketiga, air mata emosi yang memiliki komposisi kimia berbeda dari basal dan refleks. Air mata emosi mengandung protein dan hormon untuk membantu tubuh ‘seimbang’ kembali setelah merasa emosional. Semua jenis air mata tadi dihasilkan oleh kelenjar lakrimal. Kelenjar ini letaknya tepat di atas mata kamu. Lakrimal bisa menghasilkan sedikit air mata yang berfungsi melindungi mata kamu. Namun, kalau terpicu emosi, akan keluar air mata cukup banyak dari lakrimal.

Penyebab Mata Bengkak setelah Menangis

Emosi atau perasaan sedih dapat merangsang produksi air mata dari kelenjar lakrimal dalam jumlah banyak dan tidak berhenti selama beberapa waktu. Air mata lebih encer dengan kandungan garam lebih sedikit daripada cairan dalam sel-sel tubuh. Akibatnya, jaringan kulit sekitar mata mampu menyerap air mata dan terjadi penumpukan cairan. Cairan yang menumpuk ini yang membuat mata bengkak.

Rasa sedih dan emosi yang kamu rasakan merangsang otak untuk mengalirkan lebih banyak darah ke wajah kita. Dampaknya, pembuluh darah sekitar mata akan melebar, membuat mata tampak bengkak setelah menangis.

Cara Mudah Mengatasi Mata Bengkak Habis Menangis

Mata bengkak atau sembab setelah menangis akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam. Namun, kalau kamu ingin mengatasi mata bengkak dengan cepat, coba beberapa cara berikut. Mudah, kok, karena bahan atau alatnya pasti ada di kamar kost kamu.

1. Kompres dengan es batu

Langkah pertama adalah segera cuci muka dengan air dingin ketika kamu menyadari mata mulai bengkak. Kemudian, ambil es batu yang dibungkus handuk dan kompreskan pada mata selama beberapa menit. Setelah itu, pijat mata perlahan dan lembut selama lima menit.

2.Pakai potongan mentimun

Gunakan mentimun yang sudah tersimpan dalam kulkas sehingga jadi dingin. Iris timun dingin, lalu tempelkan pada kedua mata dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Ulangi beberapa kali sampai bengkak berkurang. Kalau potongan mentimunnya tidak dingin lagi, ganti dengan potongan baru yang lebih dingin.

3. Gunakan kantong teh bekas

Kandungan kafein dalam teh dapat mengecilkan pembuluh darah yang melebar karena menangis dan menyebabkan mata sembap. Kamu bisa menggunakan kantong teh bekas.

Sebelum kamu pakai, simpan dulu kantong teh tersebut dalam kulkas. Setelah cukup dingin, letakkan pada mata dan diamkan selama lima menit. Ulangi sampai mata bengkak berkurang.

4. Sendok dingin

sendok dingin

Sumber: Pixabay

Sebelum tidur pada malam hari, simpan sendok dari metal dalam lemari pendingin. Baru, di pagi harinya, ambil sendok tadi dan tempelkan punggung sendok pada kedua mata untuk meredakan sembap.

Ganti sendok ketika sudah tidak dingin dengan yang masih dingin, sampai bengkak berkurang. Umumnya, bisa pakai enam sendok. Jadi, dinginkan enam sendok pada malam sebelumnya.

5. Masker kertas (sheet mask)

Bukan hanya untuk melembapkan dan melembutkan wajah, sheet mask dapat juga meredakan mata bengkak. Namun, jangan langsung menggunakannya. Simpan dulu dalam kulkas hingga dingin, baru gunakan pada wajah. Mata sembap mulai mereda, wajah juga menjadi lebih kencang dan sehat.

6. Potongan kentang

Selain potongan timun, kentang bisa kamu pakai untuk meredakan mata bengkak karena juga mengandung astringent. Cara pakainya, sama seperti timun, simpan dulu dalam kulkas, lalu iris-iris setebal 0.5 cm dan letakkan pada mata selama beberapa menit. Ganti potongan kentang dengan irisan yang baru jika sudah tidak dingin, sampai bengkak berkurang.

7. Lidah buaya

Lidah buaya

Sumber: Pixabay

Gunakan gel langsung dari tanaman lidah buaya. Cara mengatasi mata bengkak dengan lidah buaya mudah saja, cukup aplikasikan gelnya pada bagian mata yang sembap. Kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi efektif mengatasi bengkak tersebut.

8. Minum air sepanjang hari

Tubuh yang terhidrasi baik membuat kulit lebih kencang, segar, dan mengurangi bengkak pada mata. Karena itu, rajin minum air putih sepanjang hari saat melihat mata kamu menjadi sembap. Hindari minum kopi, soda, atau minuman berkafein lainnya karena bisa memperparah bengkaknya.

Itu tadi delapan cara alami mengatasi mata bengkak setelah menangis. Mudah, kan, melakukannya di kost. Ingat, ya, kalau mata bengkak kamu tidak kunjung hilang setelah beberapa lama, segera konsultasikan ke dokter.

BACA JUGA:





A - Z Kesehatan