6 Hobi Jadi Pekerjaan yang Bisa Dilakoni Anak Kost
Career & Money

6 Hobi Jadi Pekerjaan yang Bisa Dilakoni Anak Kost

Intan Dwiyanti Intan Dwiyanti

Memiliki hobi kini bukan hanya untuk menghilangkan rasa penat atau sekedar menghabiskan waktu tapi juga bisa dijadikan pekerjaan. Berikut adalah 6 hobi yang bisa jadi pekerjaan yang menghasilkan.

6 Hobi yang Bisa Jadi Pekerjaan

Sekarang, punya hobi bukan cuma buat menghibur diri lo, tapi bisa buat menghibur isi dompet yang tipis.

1. Fotografi

Bagi RoomMies yang memiliki hobi fotografi ada baiknya kamu memanfaatkan hobi tersebut untuk meraih penghasilan yang menjanjikan. Hobi foto-foto ini bisa mulai dikembangkan untuk bisnis yang lebih serius. Membuka studio foto atau menawarkan jasa foto di media sosial. Mengikuti berbagai kejuaraan fotografi juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

2. Menulis

Hobi jadi pekerjaan selanjutnya adalah menulis. Jika RoomMies mempunyai keahlian dibidang ini, ada baiknya kamu mulai menjadikannya sebagai ladang mencari uang.
Pekerjaan di bidang menulis kini semakin terbuka lebar. Bisa menjadi freelancer content writer atau bahkan membuat blog maupun website tentang berbagai konten menarik juga bisa mendatangkan uang.

Pekerjaan sebagai content writer pun semakin dicari. Cobalah untuk mulai membuat blog atau bergabung di berbagai platform menulis sehingga banyak orang lebih tahu tentang keahlian dan gaya menulis kamu tersebut.

Menulis novel juga bisa menjadi pilihan pekerjaan yang tepat bagi kamu yang memiliki imajinasi yang tidak terbatas. Jangan ragu untuk mengirim tulisan di berbagai media cetak, ya.

3.  Main Game

Siapa bilang jika main game hanya membuang waktu dan tenaga? Kini game bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit jumlahnya. olahraga Esport kini semakin populer dan diminati.

Berbagai turnamen dengan hadiah jutaan dolar semakin banyak digelar. Tidak hanya di Jepang dan Amerika, di Indonesia pun hobi yang satu ini semakin populer. Tidak hanya bisa mengikuti berbagai turnamen untuk menghasilkan uang, kamu bahkan bisa membuka akun youtube dan mengunggah kegiatan bermain game untuk memperoleh penghasilan yang fantastis.

Salah satu youtuber game yang menghasilkan uang dengan jumlah yang tak sedikit itu adalah PewDiePie. Bahkan, pengikutnya di Youtube sudah mencapai 103 juta. Penghasilan youtuber tersebut bahkan diperkirakan mencapai milyaran rupiah perbulannya. Langkah PewDiePie ini bisa diikuti sebagai cara menghasilkan uang dari game.

4. Makan

Hayo, siapa diantara RoomMies yang hobinya makan? Hobi makan dulu sering diidentikan sebagai pemborosan karena seringnya membeli makanan. Tapi kini, hobi tersebut malah bisa jadi pekerjaan.

Sering nonton tv dengan tema acara kuliner? kamu bisa menjajal pekerjaan tersebut sehingga hobi ini bukan hanya sekedar makan dan mengeluarkan uang tapi juga bisa menghasilkan.

Jika RoomMies ingin cara yang lebih cepat, kamu bisa menjajal pekerjaan sebagai youtuber makanan (food vlogger). Seperti namanya, konten yang diunggah juga bisa berupa review makanan maupun konten makan saja.

Food vlogger tersebut bahkan menghasilkan uang yang tidak sedikit. Ada yang mereview makanan bahkan mengunggah konten ASMR yang bisa bikin orang keroncongan. Menarik sekali bukan? Sudah makan lalu dapat uang.

5. Hobi Foto

Hobi jadi pekerjaan selanjutnya adalah hobi foto. Di era digital dengan media sosial (medsos) yang semakin banyak digunakan, menjadikan banyak orang punya hobi upload foto di medsos. Banyak influencer dengan penghasilan puluhan sampai ratusan juta berawal dari hobi yang suka upload foto, lo.

Berprofesi sebagai influencer kini banyak diminati. Bukan hanya memperoleh popularitas, tapi juga mendapatkan pundi-pundi uang yang menjanjikan. Bagi RoomMies yang sering foto untuk diunggah ke media sosial, kamu bisa memanfaatkan sebagai ladang mencari uang.

Berbagai merek ternama bahkan menggunakan jasa influencer untuk memperkenalkan brand maupun produk terbaru mereka. Influencer dinilai akan membawa pengaruh positif bagi kegiatan marketing. Dengan jumlah pengikut yang banyak serta berbagai konten yang sesuai dengan brand image sebuah perusahaan, menjadikan jasa influencer semakin banyak digunakan.

6. Editing

Hobi editing adalah hobi jadi pekerjaan selanjutnya. Bagi kamu yang memiliki hobi mengedit foto maupun video, kini saatnya mengembangkan hobi tersebut.
Video editor selalu dibutuhkan di banyak bidang pekerjaan, kamu bisa mulai mengambil langkah serius untuk hobi kamu itu. Gali lebih dalam hobi tersebut, supaya kamu bisa masuk ke bidang pekerjaan profesional.

Jangan berkecil hati jika tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang editing, kamu tetap bisa memperoleh pekerjaan tersebut selama memiliki keahlian yang baik. Mulailah menawarkan jasa editing kepada teman atau mengikuti berbagai lomba supaya kemampuan dan pengalaman semakin berkembang.

Cari Kerja